Sumsel aktifkan wisata air

Pewarta : id wisata air, aktifkan wisata air, musi triboatton, dinas pariwisata, irene camelyn sinaga, iren

Dokumentasi - Peserta international Musi Triboatton di Sumsel (ANTARA Sumsel/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan berupaya mengaktifkan wisata air melalui ajang Musi Triboatton yang rutin digelar di provinsi ini dalam beberapa tahun terakhir.

"Tidak hanya wisata di darat yang dikembangkan, kami ingin juga mengaktifkan wisata air melalui event Musi Triboatton yang diikuti para atlet dari mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Praiwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, Musi Triboatton yang tahun ini dijadwalkan berlangsung pada  7-11 November 2017, menjadi salah satu sarana mempromosikan objek wisata Sungai Musi yang memiliki banyak keanekaragaman hayati.

Melalui kegiatan yang rutin digelar setiap tahun itu, diharapkan bisa merubah perilaku  masyarakat Sumsel yang ada di sepanjang daerah aliran Sungai Musi mulai dari Kabupaten Musirawas hingga Kota Palembang yang menjadi tempat perlombaan.

Masyarakat mulai merasakan dampak positif pelaksanaan Musi Triboatton dan berpartisipasi menjaga kelestarian sungai sehingga kegiatan itu bisa terus dilaksanakan setiap tahun, katanya.

Dia menjelaskan, Musi Triboatton 2017 ini diikuti 19 tim dari beberapa negara seperti Perancis, Kanada, Malaysia, Yordania, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Peserta dari berbagai negara itu diharapkan setelah mengikuti perlombaan dan kembali ke negara asalnya masing-masing bisa membawa kesan baik dan kembali ke provinsi ini bersama teman-temannya dengan rombongan yang lebih besar.

Melalui kegiatan olahraga dan pengembangan wisata air, diharapkan ke depan jumlah wisatawan terutama mancanegara yang berkunjung ke provinsi ini bisa meningkat sesuai dengan target yang diharapkan sekitar 100 ribu orang per tahun, kata irene.
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar