Lahan gambut Sumsel cocok untuk tanaman nipah

id tanaman nipah di lahan gambut, lahan gambut, sumsel kembangkan gambut, restoasi gambut, gula aren, briket, kelapa

Lahan gambut Sumsel cocok untuk tanaman nipah

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kiri) menanam pohon di lokasi konservasi lahan gambut saat kunjungan bersama peserta delegasi Bonn Challenge Asia Pacific Regional Asia High Level Roundtable di Desa sepucuk, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Selasa (9/5

....Masyarakat yang hidupnya ataupun mata pencarian bergantung di lahan gambut memiliki penghasilan ekonomi yang lainnya....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan agar lahan gambut ditanami pohon nipah karena cukup bermanfaat terhadap lingkungan dan perekonomian masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan dan Pemeliharaan Dinas Lingkungan Hidup Sumsel Hadenli Ugihan di Palembang, Jumat mengatakan, pohon nipah termasuk kelapa sangat cocok ditanam di lahan gambut.

Oleh karena itu peserta bimbingan teknik untuk memberikan pengertian betapa pentingnya lahan gambut ditanami nipah atau kelapa.

Dia mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat dari tumbuhan nipah seperti buahnya dapat diolah menjadi gula aren, tepung tapioka, arang kering dan briket dan lainnya.

Selain itu, pemanfaatan tumbuhan nipah juga dapat membantu dalam merestorasi gambut, ujar dia.

Memang, ujar dia, Pemerintah melalui Badan Restorasi Gambut memiliki tiga program kegiatan utama yang dikenal dengan program pembasahan lahan gambut.

Selanjutnya program penanaman kembali lahan gambut dan  peningkatan ekonomi masyarakat.

Tujuannya agar masyarakat yang hidupnya ataupun mata pencarian bergantung di lahan gambut memiliki penghasilan ekonomi yang lainnya.

Namun semua program tersebut dilaksanakan dengan pengelolaan yang ramah lingkungan, tidak merusak lahan gambut, ujar dia.

Oleh karena itu diharapkan lahan gambut dimanfaatkan dengan sebaik baiknya antara lain menanam pohon yang bermanfaat, kata dia.

Jadi dengan demikian program restorasi gambut yang dilaksanakan pemerintah akan berjalan dengan baik, kata dia.

Sebagaimana beberapa waktu lalu telah dilaksanakan bimbingan teknik oleh tim restorasi gambut dalam memaksimalkan lahan tersebut.