Dinas Ketahanan Pangan percepat penyaluran beras

id beras, raskin, penyaluran beras, dinas ketahanan pangan

Dinas Ketahanan Pangan percepat penyaluran beras

Dokumentasi - Pembagian beras bagi warga kurang mampu (FOTO ANTARA)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mempercepat penyaluran beras sejahtera atau Rastra untuk penebusan hingga Desember 2017 kepada masyarakat penerima bantuan tersebut.

"Penebusan beras sejahtera tahun ini bisa dilakukan oleh masyarakat  Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk periode November-Desember 2017," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ogan Komering Ulu (OKU), Jhon Herly melalui Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Elva Rosanti di Baturaja, Selasa.

Ia mengatakan, penebusan beras tersebut dipercepat setelah melalui rapat koordinasi pihaknya bersama pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang pekan lalu, mengingat penyaluran saat ini masih di bawah rata-rata realisasi nasional yang telah mencapai 93 persen.

Sedangkan penyaluran beras sejahtera di Sumsel saat ini baru mencapai 87,06 persen sehingga pemerintah provinsi meminta seluruh kabupaten/kota agar mempercepat realisasi pembagiannya sebelum akhir 2017.

"Biasanya penebusan beras dilakukan setiap bulan. Namun untuk mempercepat pelunasannya bisa dilakukan hingga Desember 2017," katanya.

Pihaknya akan membuat Surat Permintaan Alokasi (SPA) beras sejahtera kepada pihak terkait agar dapat segera disalurkan ke seluruh RTS di wilayah itu.

"Penyaluran beras sejahtera di OKU cukup lancar, hanya saja terdapat RTS di beberapa kecamatan yang tertunda, karena terkendala akses daerahnya cukup jauh," jelasnya.

Jumlah RTS masyarakat penerima rastra di OKU pada 2017 ini tercatat sebanyak 15.037, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya 13.670 rumah sasaran.

Untuk pagu beras sejahtera pada 2017 ini lanjut dia, mencapai 225.555 ton perbulan  yang akan disalurkan kepada seluruh RTS penerima bantuan tersebut.

"Berdasarkan data realisasi penyaluran beras sejahtera hingga saat ini sudah empat kecamatan yang telah melakukan pelunasan yaitu Kecamatan Lengkiti, Ulu Ogan, Baturaja Barat dan Baturaja Timur," ujarnya.