Rendra perankan wage dengan rasa

id wage, rendra, tokoh utama, film, aktor, totalitas, peran, Indonesia Raya, WR Supratman

Rendra perankan wage dengan rasa

Salah satu adegan dalam Film Wage yang mengisahkan perjuangan pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya" WR Supratman. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) -  Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 2017, film biopic berjudul "Wage" yang mengisahkan perjalanan hidup dan perjuangan komponis lagu kebangsaan Indonesia Raya WR Supratman diluncurkan.

Film garapan sutradara John De Rantau tersebut diputar perdana di bioskup Djakarta Therater, Jakarta, Jumat, bagi kalangan pelajar, pendidik, media serta tokoh-tokoh masyarakat.

Para pengamat berpendapat tokoh utama film "Wage" yakni WR Supratman diperankan dengan pas dan bagus oleh pendatang baru Rendra Bagus Pamungkas sehingga banyak mendapatkan pujian.

Pria kelahiran Kandangan, Kediri Jawa Timur 21 Maret 1984 itu, mengenyam pendidikan teater di Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta kemudian melanjutkan ke pendidikan Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Prestasinya di dunia teater dimulai dari penulisan naskah, seni peran hingga penyutradaraan dan berperan dalam "Wage" merupakan langkah awalnya di dunia film  setelah bertemu sutradara John De Rantau.

Untuk menghidupkan karakter yang dipercayakan kepadanya, Rendra mengakui tidak menggunakan rasio namun mengutamakan rasa, karena referensi mengenai sosok WR Supratman sangat minim, bahkan tak ada foto maupun vidionya seperti misalnya Soekarno.

"Ketika aku memerankan Wage, badanku rasanya seperti dituntun dengan sangat baik dan halus sekali. Aku hanya berbekal bismillah dan aku benar-benar memulai setiap aktivitas syuting dengan berdoa terlebih dulu," ujar lelaki berkacamata itu.

"Wage" rencananya diputar di gedung bioskup secara nasional mulai  9 November 2017. Selain  Rendra B Pamungkas sebagai WR Supratman, beberapa bintang lain yang terlibat yakni Tengku Rifnu Wikana, Prisia Nasution, Putri Ayudya.