Pemkab OKI perbaiki jalan di enam titik

id perbaikan jalan, Ogan Komering Ilir, terisolir, jalan putus, Hafidz, SP.Padang, Pampangan, Pangkalanlampam, Tulung Selapan

Pemkab OKI perbaiki jalan di enam titik

Dokumentasi- Perbaikan jalan di Sumatera Selatan. (Antarasumsel.com/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir mengebut pembangunan dan perbaikan jalan di enam titik yang menghubungkan desa-desa yang selama ini terisolir karena berada di Daerah Aliran Sungai.

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Hafidz di Palembang, Kamis, menyebutkan enam titik itu, ruas jalan Dabuk Rejo - Catur Tunggal - Cahya Mas sepanjang 36 km, jalan poros SP Padang - Pampangan 21 km, Pampangan - Lebung Batang 15,790 km.

Kemudian, Jalan Lebung Batang - Tulung Selapan 33 km, Pampangan-Lebung Batang 2,6 km, dan Lebung Batang-Selapan 9,4 km.

"Khusus untuk ruas SP.Padang-Pampangan-Pangkalanlampam-Tulung Selapan sudah dilakukan survey lapangan. Dalam beberapa hari ke depan akan dikerjakan," kata dia.

Ia menjelaskan untuk Jalan Lebung Itam-Tulung Selapan sudah dilakukan tanda tangan kontrak dan survey sudah dilakukan petugas.

Penanganan kerusakan jalan di ruas ini dirinci Hafidz antara lain, pada ruas SP. Padang-Pampangan melalui aspal hot mix sepanjang 2 km, kemudian jalan Pampangan-Lebung Batang 2,5 km dan Lebung Batang-Tulung Selapan 7 km dengan pengerasan aggregat.

Untuk itu, Hafidz juga meminta kesadaran, khususnya masyarakat Ogan Komering Ilir untuk turut menjaga dan mengawasi pembangunan infrastruktur.

Hal ini mengingat banyaknya angkutan material proyek jalan tol yang memakai jalan ini khususnya ruas Kayuagung - SP.Padang dan Kayuagung - Sepucuk

"Kami mengajak masyarakat untuk turut menjaga infrastruktur yang sudah dibangun. Saya juga mengimbau kepada pihak kontaraktor agar turut melakukan perbaikan karena akibat kendaraan berat yang melintas," kata dia.

Selain fokus di enam titik ini, OKI juga memperbaiki ruas jalan Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur, Kayuagung-Sirah Pulau Padang-Pampangan hingga Tulung Selapan.

Tembusnya jalan-jalan di wilayah Pantai Timur OKI ini dipercaya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat di lima kecamatan serta menumbuhkan sumber-sumber perekonomian baru bagi masyarakat di sekitarnya.