Dubes Jepang kunjungi Ponpes Ogan Ilir

id Pondok Pesantren, Masafumi Ishii, Duta Besar Jepang, santri, kunjungan kerja

Dubes Jepang kunjungi Ponpes Ogan Ilir

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengunjungi Pondok Pesantren Al Ittifaqiah, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Kunjungan Dubes tersebut serangkaian peringatan HUT ke-50 Pondok Pesantren tersebut, Senin.

Dubes menyampaikan apresiasi dan merasa terharu kepada para santri karena menyambut kedatangannya dengan mengibarkan bendera Indonesia dan Jepang yang dibuat sendiri.

Jepang dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat lama sejak awal abat ke-XX sejak keberadaan orang Jepang di Kota Palembang Provinsi Sumsel.

Selain itu, pada zaman Presiden Soekarno, Jepang membangun Jembatan AMPERA di antarannya sebagai tanda persahabatan yang baik, ujar dia.

Dirinya sempat berkunjung ke pemakaman tentara Jepang yang berjuang pada Perang Dunia II dan perang kemerdekaan Indonesia.

Dia mengatakan, dirinya sangat terharu pemakaman tersebut masih sangat terawat dengan baik, dan dirinya yakin ini sebagai wujud persahabatan yang baik antara Jepang dan Indonesia.

Sejak 2004 pemerintah Jepang mengundang para Guru Ponpes Indonesia untuk mengajar di Jepang hingga kini jumlahnya mencapai 150 orang.

"Guru dan Pimpinan Ponpes Al- Ittifaqiah merupakan yang pertama di undang ke Jepang pada tahun tersebut, kata dia.

Menurut dia, hari ini tepat 3 bulan dirinya berada di Indonesia sebagai Duta Besar Jepang dan kunjungan tersebut yang pertama selain Jakarta.

Kunjungan Dubes Jepang tersebut juga didampingi Pelaksana Tugas Sekda Sumsel Joko Imam Sentosa dan pejabat kabupaten itu.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar