Pemeran James Bond Roder Moore meninggal dunia

id Roger Moore, 007, Aktor Inggris, agen rahasia, tutup usia, meninggal dunia, Sir Roger Moore

Roger Moore (Antarasumsel.com/Reuters)

London (Antara/Reuters) - Aktor Inggris Roger Moore, yang terkenal sebagai pemeran agen rahasia James Bond, meninggal dunia, Selasa, pada usia 89 tahun, kata keluarganya di akun resmi Moore di Twitter.

Peranan yang dijalaninya selama 12 tahun sebagai agen rahasia Inggris, James Bond, telah membawa Moore menjadi jutawan dan pujaan di seluruh dunia.

"Dengan berat hati, kami harus sampaikan bahwa ayah tercinta kami, Sir Roger Moore, telah meninggal dunia hari ini di Swiss setelah memerangi kanker secara singkat namun penuh keberanian," demikian diumumkan ketiga anak Moore dalam pernyataan di akun Twitter.

Moore, putra seorang polisi London, pernah mengatakan bahwa citra kelas tinggi yang digambarkannya, baik di dalam maupun di luar film, dipelihara secara hati-hati untuk menutupi sifat pemalu dan penakut yang dimilikinya.
      
Ia juga mengatakan bahwa ia merasa takut memerankan adegan seks, yang merupakan bagian kunci dalam film-film James Bond.

Terobosan besar Moore sebagai aktor muncul pada 1962, yaitu ketika ia mendapatkan peran dalam "The Saint", sebuah cerita serial populer televisi.

Dalam "The Saint", ia mengasah citranya sebagai seorang warga Inggris yang sangat sopan, penuh dengan gadis-gadis yang diselamatkannya dari kesulitan.

Pada 1973, Moore mendapatkan peran yang didambakan, yaitu sebagai James Bond.

Bond adalah sosok yang diciptakan penulis Ian Fleming sebagai seorang mata-mata 007, yang membuat para penonton datang berbondong-bondong untuk melihat film tersebut.

Film-film Bond disebut-sebut telah memberi Moore keuntungan sebesar 14 juta pound (sekitar Rp241,6 miliar).

Moore pindah ke Amerika Serikat untuk menghindari pajak tinggi.

"Saya tidak mengerti kenapa seseorang tidak boleh melakukan apa yang disukainya dan tinggal di mana pun dengan uangnya sendiri, dan pemerintah Inggris, yang membiarkan orang berbakat pindah ke luar negeri karena masalah pajak, adalah pihak yang harus merasa bersalah," katanya dalam wawancara pada 1989.

Setelah menyerahkan peranan Bond kepada Timothy Dalton, Moore memasuki masa setengah pensiun. Ia hidup dengan standar seorang jutawan dan bolak-balik bepergian ke rumah-rumahnya di Los Angeles, Swiss dan Prancis selatan.

Pada 1991, Moore diangkat sebagai duta Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Dana Anak-anak.

Moore meninggalkan isteri keempatnya, sosialita Skandinavia bernama Kristina "Kiki" Tholstrup, yang dinikahinya pada 2002. (Uu.T008)

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar