Direktur: Lanskap upaya dukung program pemprov Sumsel

id melestarikan lingkungan, Direktur Proyek, Kelola Sendang, Damayanti Buchori, tata ruang, lanskap

Direktur: Lanskap upaya dukung program pemprov Sumsel

Puluhan juta burung migran dari berbagai belahan dunia menetap sementara di Semenanjung Taman Nasional Sembilang, Sungai Bungin, Banyuasin, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Direktur Proyek Kelola Sendang, Damayanti Buchori mengatakan, lanskap atau tata ruang di luar gedung berkelanjutan sebagai upaya mewujudkan dan mendukung program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam melestarikan lingkungan.

Hal ini karena lanskap tujuannya melakukan program pengelolaan hutan yang berbasis perekonomian masyarakat, kata Damayanti dalam siaran persnya yang diterima Antara di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Gubernur Sumsel Alex Noerdin sendiri terus berupaya melestarikan hutan yang ada di daerah tersebut.

Oleh karena itu pihaknya bermitra dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam melestarikan lingkungan.

Jadi program proyek kelola sendang atau kemitraan pengelolaan lanskap Sembilang Dangku dilakukan untuk melestarilan lingkungan Sumsel, katanya.

Dia mengatakan, program kelola Sendang juga bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat dari London atau Zoologocal of London dan pendanaan juga dari luar negeri.

Memang, lanjut dia, isu lingkungan belum begitu mendalam disosialisasikan kepada masyarakat.

Bahkan pemberitaan masih bersumber dari pesan narasumber dan analisa jurnalistik saja, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan pelatihan jurnalistik dengan para wartawan untuk menyukseskan program Pemerintah Provinsi Sumsel.

Menurut dia, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan isu lingkungan akan semakin diketahui masyarakat.

Pelatihan sendiri dilaksanakan di Palembang selama tiga hari dengan narasumber antara lain Bappeda Sumsel, Kelola Sendang termasuk AJI dan IJTI.