Lonsum bukukan penjualan semester pertama Rp1,65 triliun

id London Sumatra Indonesia, lonsum, penjualan konsolidasi, Presiden Direktur, lonsum, Benny Tjoeng, sawit

Lonsum bukukan penjualan semester pertama Rp1,65 triliun

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (Lonsum) membukukan penjualan konsolidasi periode semester pertama 2016 sebesar Rp1,65 triliun atau 20,5 persen lebih rendah dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp2,08 triliun.

Presiden Direktur London Sumatra Indonesia, Benny Tjoeng dalam siaran pers di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa penurunan penjualan konsolidasi itu terutama disebabkan oleh penurunan volume penjualan untuk produk sawit serta karet dan lebih rendahnya harga jual rata-rata untuk minyak sawit dan karet.

"Semester pertama tahun 2016 merupakan periode yang menantang bagi para produsen kelapa sawit di Indonesia," katanya.

Ia memaparkan bahwa komposisi penjualan pada semester I 2016, yakni produk sawit 90,1 persen, karet 5,3 persen, benih bibit 3,1 persen dan lainnya 1,5 persen, sedangkan komposisi penjualan pada semester I 2015, yakni produk sawit 90,4 persen, karet 6,4 persen, benih bibit 2,2 persen dan lainnya 1 persen.

Ia mengatakan bahwa lebih rendahnya produksi tandan buah saham (TBS) inti dan eksernal pada semester pertama tahun 2016 menyebabkan turunnya pendapatan Lonsum sehingga laba yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk turun 63,6 persen menjadi Rp112,5 miliar dengan marjin laba yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar 6,8 persen.

"Lebih rendahnya produksi dikarenakan dampak El Nino yang terjadi pada tahun 2015 telah mempengaruhi kinerja perusahaan saat ini. Walaupun, kami masih menghadapi kondisi yang cukup menantang, perseroan masih memiliki fundamental yang kuat. Didukung oleh lahan kelapa sawit yang belum masih menghasilkan sekitar 12.000 ha, kami yakin bahwa hal tersebut akan mendorong pertumbuhan Lonsum di masa depan," katanya.

Pada akhir periode ini, lanjut dia, total aset yang dimiliki mencapai sekitar Rp8,7 triliun dan Lonsum masih memiliki posisi keuangan yang sehat dengan posisi kas bersih.