Kedubes Amerika Serikat gandeng investor ke Sumsel

id kedubes amerika serikat, y robert ewing, gubernur sumsel, alex noerdin, kawasan ekonomi khusus, tanjung api api

Kedubes Amerika Serikat gandeng investor ke Sumsel

Ilustrasi - Aktifitas di pelabuhan penyeberangan Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin. (Foto Antarasumsel.com/ Evan Ervani/16/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia akan menggandeng para investor dari negara paman sam ini berkunjung ke Sumatera Selatan melihat berbagai peluang investasi.

Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera Y Robert Ewing saat pertemuan dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan sedikitnya 20 investor tersebut telah menghubungi untuk melihat peluang investasi di daerah ini.

Investor itu, katanya mayoritas bergerak di bidang energi sehingga mereka harus melihat terlebih dahulu potensi dan peluang yang dimiliki Sumsel.

Menurut dia, kemungkinan para penanam modal tersebut akan melihat perkembangan kawasan ekonomi khusus dan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin.

Sebelum pertemuan tersebut pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tim gubernur. Pertemuan awal akan membahas sekaligus pemaparan potensi peluang bisnis sebelum para pengusaha itu ke Sumsel.

Kunjungan ke Sumsel nantinya juga dalam rangka kegiatan menyemarakan Hari Kemerdekaan AS ke-240.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api Api akan dibangun sejumlah proyek skala besar dan kecil yang membutuhkan investor.

Alex mengatakan sudah ada investor yang serius untuk menanamkan modal di kawasan ekonomi khusus itu yang dibuktikan penandatangan kerja sama.

Dengan adanya proyek tersebut maka sumber energi sangat dibutuhkan di kawasan tersebut, ujar dia.

Sementara Ketua Proyek Manajemen Unit Kawasan Ekonomi Khusus Regina Ariyanti mengatakan, kawasan tersebut juga akan dibangun industri hilir produk unggulan Sumsel.

Produk unggulan Sumsel antara lain komoditas karet dan kelapa sawit perlu pengolahannya dimaksimalkan sehingga memberi nilai tambah bagi ekonomi daerah dan masyarakat, tambah dia.