Gambar Candi Indonesia hiasi trem di Rotterdam

id Candi Borobudur, trem, Candi Prambanan, Kementerian BUMN, pariwisata

Gambar Candi Indonesia hiasi trem di Rotterdam

Ilustrasi - Candi Borobudur. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

London, (ANTARA Sumsel) - Gambar Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko serta gambar Rama dan Shinta yang tengah menari menghiasi angkutan umum khas negeri Belanda berupa trem yang berkeliling  di kota Rotterdam.

Begitupula jika membuka handphone di Rotterdam, maka seketika akan muncul iklan ajakan berwisata mengunjungi ketiga candi tersebut, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Belanda  Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Selasa.

Trem dengan gambar candi dan penari tersebut diluncurkan  Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, bersama Asisten Deputi Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur, Kementerian BUMN, Agus Suharyono di Rotterdam, Senin.

Peluncuran promosi Indonesia di transportasi di Belanda itu ditandatai dengan penyiraman air dari kendi menandakan resminya trem  beroperasi keliling menarik penumpang di kota pelabuhan itu.

Dalam pidato sambutannya, Ibnu Wahyutomo menyampaikan kebangganya karena gambar ikon wisata Indonesia hadir di transportasi umum yang melintas di Rotterdam, kota terbesar kedua di Belanda.

Diharapkannya iklan pariwisata Indonesia melalui handphone dan transportasi umum seperti itu juga bisa dilakukan di kota-kota lain di negeri kincir angin ini.

Sementara itu, Agus Suharyono mengharapkan dengan adanya iklan di transportasi umum akan semakin menarik minat orang Belanda berkunjung ke Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sehingga meningkatkan jumlah wisatawan asing terutama dari Belanda ke Indonesia.

Menurutnya, Kementerian BUMN akan terus meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Belanda selain dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) juga menggandeng berbagai BUMN yang terkait.   ¿Promosi dengan menampilkan gambar Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dilakukan PT Taman Wisata Candi yang mengelola tiga candi tersebut.

Direktur PT TWC, Ricky Siahaan, mengatakan  saat ini kantornya aktif mempromosikan ketiga obyek wisata budaya itu di Belanda yang merupakan pasar terbesar untuk wisatawan dari Eropa.

Menurut Ricky, yang masih menjadi tantangan adalah memperpanjang durasi wisatawan asing untuk berada di obyek wisata itu. Oleh karena itu perlu digali ide-ide baru terkait aktivitas wisata agar turis makin lama berkunjung di ketiga obyek wisata tersebut.

Rencana pemasangan iklan promosi melalui trem dan handphone lama dirancang  PT TWC bersama KBRI Den Haag dimulai sejak awal 2015.  Rotterdam menjadi pilihan karena selain sebagai kota terbesar kedua, juga  kota ini merupakan kota perdagangan dan mempunyai hubungan dekat dengan Indonesia.

Trem bergambar ketiga candi tersebut akan melaju di Rotterdam sampai November 2016 dan rencananya akan ditambah dengan berbagai promosi lainnya seperti pertunjukan seni untuk lebih menarik orang Belanda ke Borobudur, Prambanan sekaligus Ratu Boko.