Pabrik Pupuk NPK Pusri segera beroperasi

id pt pusri, pusri palembang, pabrik npk, pabrik pupuk, pupuk, pupuk npk, sekretaris pt pusri, zain ismed

Pabrik Pupuk NPK Pusri segera beroperasi

Ilustrasi - Pabrik baru Pusri IIB milik PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pabrik pupuk NPK yang dibangun PT Pupuk Sriwidjaja di Palembang, Sumatera Selatan sejak 2014 optimistis bisa selesai tahun 2015 dan segera dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani berbagai daerah di Tanah Air.

Pembangunan satu pabrik pupuk yang mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK) sejauh ini berjalan lancar sesuai dengan rencana, jika tidak ada hambatan bisa selesai dan dioperasikan pada Oktober 2015, kata Sekretaris PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Zain Ismed di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya saat ini tengah melakukan pengembangan usaha dengan membangun satu pabrik pupuk majemuk yang mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium.

"Kami selama ini fokus memproduksi pupuk urea dan amonia, kini berupaya melakukan pengembangan kegiatan usaha dengan membangun satu unit pabrik pupuk NPK dengan kapasitas produksi sebesar 100.000 ton per tahun," ujarnya.

Dia menjelaskan, manajemen perusahaan berupaya terus melakukan pengembangan kegiatan usaha untuk meningkatkan daya saing perusahaan serta meningkatkan pendapatan sehingga dapat berkembang lebih besar dan kesejahteraan karyawan lebih terjamin.

Selain mengembangkan kegiatan usaha, pihaknya juga terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas produksi pupuk urea dan amonia yang menjadi bisnis utama perusahaan.

Khusus peningkatan kapasitas produksi pupuk urea, pihaknya secara bertahap memprogramkan proyek revitalisasi atau penggantian empat pabrik yang kini kondisinya sudah berusia tua yakni di atas 36 tahun dan kurang efisien.

"Saat ini sedang dilaksanakan proyek revitalisasi atau pembangunan pabrik baru pengganti satu pabrik dari empat pabrik pupuk yang kondisinya paling tua, yakni pabrik pupuk urea Pusri II yang dibangun pada tahun 1974," ujarnya.

Proyek revitalisasi pabrik Pusri II-B yang telah dilakukan sejak pertengahan 2013 itu, saat ini telah mencapai sekitar 80 persen dan berdasarkan perkembangan pembangunan tersebut, pihaknya optimistis pabrik baru tersebut bisa selesai sebelum akhir 2015.

Dengan hadirnya pabrik pupuk NPK dan pabrik urea proyek revitalisasi, diharapkan kebutuhan pupuk petani terutama di sembilan rayon atau wilayah pemasaran PT Pusri meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dipenuhi secara maksimal, ujar Ismed.