Dinas Kesehatan Muba gelar lomba balita sehat

id balita sehat, lomba balita sehat, dinkes muba, balita

Dinas Kesehatan Muba gelar lomba balita sehat

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggelar lomba pemilihan balita sehat dan berprestasi dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari jadi kabupaten ke- 58.

Selain menyemarakkan dua peringatan hari bersejarah itu, lomba digelar untuk menciptakan sumber daya insan yang berkualitas melalui upaya pembinaan serta pengembangan kesehatan dan tumbuh kembang anak usia bawah lima tahun (balita) sedini mungkin seiring mewujudkan visi Permata Muba 2017, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, dr Sriwijayani di Sekayu, Kamis.

Dia menejlaskan, lomba tersebut diikuti 48 balita dari perwakilan Puskesmas atau masing-masing kecamatan.

Peserta lomba tersebut dibagi dalam dua kategori yakni untuk usia 6-24 bulan ada 26 orang, dan usia 2-5 tahun diikuti 22 peserta.

Dalam lomba balita sehat dan berprestasi ini, perwakilan dari Puskesmas Karang Mukti Kecamatan Lalan yang bernama Nur Aqilah berhasil meraih juara satu untuk kategori bayi sehat dan berprestasi usia 2-5 tahun.

Sementara juara kedua diraih Dea Zakira dari Puskesmas Sungai Lilin, dan juara ketiga diraih oleh Nadiathul Farika dari Puskesmas Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi.

Sedangkan juara harapan I diraih Sahafa Marwah dari Puskesmas Lubuk Bintialo Kecamatan Batanghari Leko, Juara Harapan II diraih Adelia Casandevina dari Puskesmas Balai Agung, Sekayu dan Juara Harapan III diraih Evelyn Parasya dari Puskesmas Jirak, Sungai Keruh.

Sementara untuk kategori kelompok usia 6-24 bulan, juara satunya diraih Rinjani Aqilah dari Puskesmas Broja Timur, Tungkal Jaya, kemudian juara kedua diraih oleh Lexist Noviar Rahman dari Puskesmas Balai Agung, Sekayu, dan juara ketiga diraih Adilah Farhan dari Puskesmas Suka Jaya, Bayung Lencir.

Sedangkan, juara harapan I diraih Isnan Pradipta dari Puskesmas Teluk Kijing, Lais, untuk juara harapan II diraih Pradista Abdhie dari Puskesmas Tebing Bulang, Sungai Keruh, dan juara harapan III diraih Arkha Manumaya dari Puskesmas Lubuk Bintialo, Batang Hari Leko.

Peserta lomba tersebut ditetapkan sebagai juara setelah melalui penilaian secara ketat dari dewan juri pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, pihak Dinas Kesehatan, dan Tim Penggerak PKK Muba, dengan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan jutaan rupiah, ujarnya.