Temukan asteroid berekor, astronom tercengang

id asteroid, asteroid berekor

Temukan asteroid berekor, astronom tercengang

Ilustrasi (Foto Ist)

(ANTARA Sumsel) - Para astronom dengan menggunakan Teleskop Antariksa Hubble (Hubble Space Telescope) berhasil menemukan sebuah asteroid yang unik dengan enam ekor debu angkasa menyerupai komet yang memanjang dari badan asteroid seperti jari-jaring roda seperti jari-jari pada roda, menurut pernyataan para ilmuan pada Kamis.

"Kami benar-benar tercengang ketika kami melihatnya," ujar David Jewitt astronom dari University of California di Los Angeles. "Sulit dipercaya yang kami lihat adalah sebuah asteroid.

Asteroid biasanya tidak memiliki ekor.

Asteroid yang dinamakan P/2013 P5 pertama kali muncul dalam bentuk setitik cahaya yang tidak tampak jelas dalam sebuah survei angkasa menggunakan teleskop Pan-STARRS 1 pada Agustus silam.

Pada September lalu, para astronom menggunakan teleskop Hubble untuk mengamati asteroid tersebut yang berada di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Setelah dilakukan pengamatan selama 13 hari, para astronom menemukan asteroid tersebut tidak hanya memiliki enam ekor namun juga mengalami perubahan bentuk.

Para ilmuan menduga tekanan dari foton, partikel kecil cahaya atau radiasi elektromagnetik dalam sinar matahari menyebabkan asteroid tersebut berputar lebih cepat, sehingga mengubah permukaannya.