Judo Sumsel tak diperkuat Piter Taslim

id judo, judo sumsel

Judo Sumsel tak diperkuat Piter Taslim

ilustrasi Foto Antara

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan tidak diperkuat atlet judo andalan Piter Taslim pada Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat tahun 2016 karena yang bersangkutan terkena aturan pembatasan usia.

"Piter dipastikan tidak bisa lagi memperkuat kontingen daerah kita pada ajang PON karena usia yang bersangkutan saat ini sudah menginjak 35 tahun, sesuai pembatasan yang ditetapkan Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia," kata anggota Bidang Pembinaan Prestasi KONI Provinsi Sumsel Tryanto di Palembang, Sabtu.

Ia mengemukakan, absennya Piter pada ajang empat tahunan itu menjadi kerugian tersendiri bagi Sumsel lantaran ia merupakan andalan daerah pada berbagai ajang tingkat nasional.

Meskipun pada PON XVIII di Riau tahun 2012 sebatas meraih medali perunggu, namun sejatinya daerah masih menaruh harapan pada atlet spesialisasi kelas 66 kilogram itu.

"Sementara ini, memang belum ada pengganti Piter yang muncul ke permukaan. KONI Sumsel selalu mendorong pengurus tingkat provinsi untuk giat menyiap regenerasi atlet sejak beberapa tahun lalu," katanya.

Keharusan Piter untuk pensiun pada PON mendatang itu membuat kakak kandung aktor laga Joe Taslim ini dicoret dari program pembinaan atlet elite KONI Sumsel.

Meski demikian KONI masih membuka kesempatan kepadanya jika ingin mengabdi bagi kejayaan olahraga Sumsel seperti beralih menjadi pelatih.

"KONI tidak akan melupakan jasa atlet yang telah berprestasi. Jika sudah tidak bisa lagi berkiprah menjadi atlet maka akan ditawari menjadi pelatih, dan sementara ini belum ada jawaban dari Piter," ujarnya.

Piter merupakan peraih medali emas SEA Games tahun 1997 di Indonesia, SEA Games tahun 2001 di Filipina, dan SEA Games tahun 2011 di Indonesia.

Putra daerah Sumsel kelahiran Palembang, 14 Oktober 1978 ini, berkenalan dengan olahraga judo saat duduk di kelas V Sekolah Dasar. Sejak saat itu, ia beberapa kali mengharumkan nama provinsi pada ajang PON.

Ia sebelumnya berujar akan menutup karier seusai berlaga pada PON di Riau.