Nasabah UMKM Permodalan Nasional Madani meningkat

id pnm, umkm, nasabah, permodalan nasional madani, meningkat

Nasabah UMKM Permodalan Nasional Madani meningkat

PNM (ist)

...Jumlah nasabah mikro perusahaan tumbuh signifikan sekitar 48 persen dari 1.632 orang pada Maret 2012 menjadi 2.422 Maret 2013...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel)  - Nasabah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT Permodalan Nasional Madani (Persero) meningkat hingga 48 persen pada tahun 2013 dibandingkan sebelumnya.
        
"Jumlah nasabah mikro perusahaan tumbuh signifikan sekitar 48 persen dari 1.632 orang pada Maret 2012 menjadi 2.422 Maret 2013," ujar Pimpinan Cabang PNM Lampung, Purnama Adji, usai pelatihan pengembangan kapasitas usaha bagi pengusaha mikro di Bandarlampung, Rabu.
        
Menurut dia, pertumbuhan jumlah nasabah itu sangat mendorong kinerja penyaluran pembiayaan mikro PNM yang berdampak pada peningkatan tersebut.
        
Ia menyebutkan, selama periode  Januari-Maret 2013 total nilai outstanding pembiayaan mikro tercatat meningkat hingga 40,88 persen menjadi Rp88,43 miliar dibandingkan dengam periode yang sama tahun lalu sebesar Rp62,77 miliar.
        
Secara absolut nasabah, kata dia, memang masih kecil karena kiprah bisnis pembiayaan ini dimulai tahun 2010, namun persentase pertumbuhan bismis mikro di Lampung cukup signifikan, yang menandakan potensi bisnis UMK di Lampung masih cukup menjanjikan.
        
Purnama Adji menuturkan, pihaknya bertekat terus meningkatkan penetrasi jaringan layanan di Lampung dan pada tahun ini telah menambah kantor unit sebanyak enam kantor Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yaitu di Simpang Pematang, Mulya Asri, Liwa, Kota Agung, Kalirejo dan Tanjung Bintang.
        
"Penambahan kantor ini akan memperluas cakupan layanan kami ke sektor usaha mikro, mengingat potensi usaha mikro di provinsi ini masih sangat besar, didukung dengan kegiatan pengembangan kapasitas usaha," kata dia.
         
Purnama Adji menyebutkan, untuk membantu bisnis pembiayaan PNM memberikan program "capacity building" melalui pelatihan dan pendampingan usaha kepada para nasabah dan diharapkan dapat membantu nasabah dalam meningkatkan usahanya agar berkembang supaya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
        
Sementara itu, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PNM Pusat, Gung Panggodo melalui menyampaikan, program pelatihan nasabah merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMKM.
        
Pelatihan usaha mikro PT PNM (Persero) diikuti oleh 75 nasabah di bawah klaster Kedaton, Bandar Jaya dan Metro yang menghadirkan pembicara Wiyadi SP dengan tema Mepertahankan Usaha di Tengah Persaingan untuk Menuju Kesuksesan.