Penderita Aids di Babel capai 566 orang

id penderita hiv/aids, hiv/aids di babel ratusan orang

Penderita Aids di Babel capai 566 orang

Ilustrasi HIV/AIDS (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sejak 2007 hingga 2012 ini tercatat 566 orang.

"Jumlah penderita HIV/AIDS secara keseluruhan setiap tahunnya cenderung meningkat karena pengaruh pergaulan bebas," ujar Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Babel, Pari Pusta di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, jika dilihat berdasarkan kabupaten dan kota di Babel, Kota Pangkalpinang merupakan pengidap HIV terbanyak mencapai 247 orang, diikuti Kabupaten Bangka 94 orang, Bangka Tengah 58 orang dan Belitung 24 orang.

Selanjutnya Kabupaten Bangka Barat 22 orang, Bangka Selatan 15 orang dan Belitung Timur 10 orang.

Secara keseluruhan dalam lima tahun terakhir angka pengidap HIV/AIDS di Babel terus mengalami peningkatan dan didominasi lakil-laki.

"Memang secara umum angka pengidap HIV/AIDS pada laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan karena mereka lebih leluasa bergerak ke mana-mana, sehingga sangat sulit untuk dipantau kegiatannya di luar," ujarnya.

Sementara itu, untuk menekan angka penularan HIV/AIDS tidak cukup dengan melakukan sosialisasi akan tetapi harus ada upaya dan dukungan masyarakat untuk ikut serta memantau dan mengawasi masing-masing orang terdekatnya agar tidak terjangkit penyakit mematikan tersebut. (ANT/WRA)