harga bunga cengkih kering bertahan tinggi

id harga cengkih, cengkih di palembang mahal, harga cengkih di palembang tinggi

harga bunga cengkih kering bertahan tinggi

Tanaman cengkih siap panen (FOTO ANTARA)

....Tingginya harga bunga cengkih kering itu karena pasokan barang dari daerah sentra produksi tersendat....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga bunga cengkih yang dijual pedagang rempah-rempah di pasar tradisional 16 Ilir Palembang, sejak beberapa pekan terakhir hingga Senin masih tetap tinggi kisaran Rp145 ribu per kilogram.

Menurut pedagang rempah-rempah di pasar tradisional tersebut bahwa tingginya harga bunga cengkih kering itu karena pasokan barang dari daerah sentra produksi tersendat, sementara pedagang pengumpul yang rutin memasok menetapkan nilai tebus tetap tinggi.

Menurut Ruslan, pegawai salah satu toko penyedia rempah-rempah di pasar tersebut bahwa pasokan bunga cengkih tidak lancar sudah sejak beberapa bulan terakhir, sehingga memicu harga jual tinggi.

Sejak beberapa bulan terakhir selain pasokan tidak lancar, juga kalaupun ada jumlahnya sangat terbatas dan bahkan sekarang ini tidak semua pedagang masih menyediakan stok bunga cengkih kering.

Pantauan Antara, dari banyak pedagang penyedia rempah-rempah ternyata memang benar ada beberapa yang sekarang ini tidak memiliki stok bunga cengkih, karena tidak kebagian jatah dari pedagang pengumpul.

Mengenai daya beli konsumen, menurut beberapa pedagang sejak dua hari menjelang bulan suci Ramadhan permintaan rempah-rempah seperti kemiri kupas, bunga cengkih kering, lada putih, kulit kayu manis dan lainnya mulai ada peningkatan.

Calon pembeli yang datang selain pelanggan rutin yakni pedagang pengecer di sejumlah pasar tradisional lainnya di dalam Kota Palembang, juga masyarakat umum terutama kaum ibu membeli aneka bumbu dapur untuk persiapan selama bulan Ramadhan.

Kalau pedagang pengecer, biasanya membeli dalam jumlah banyak bahkan masing-masing jenis bumbu dapur mencapai satu kg, tetapi kalau warga umumnya paling banyak satu hingga dua ons, kata pegawai toko rempah-rempah tersebut.

Suasana pada sejumlah toko rempah-rempah, masing-masing pegawainya sibuk meladeni calon pembeli yang setiap hari selama Ramadhan ini semakin ramai.

Selain pedagang rempah-rempah, suasana ramai juga terjadi pada sejumlah pedagang bumbu dapur giling.

Kalau di bagian bumbu dapur giling, yang paling banyak dibeli warga adalah bumbu pindang, dan rendang daging. (M033)