Pemkot Palembang bagikan 14.000 ikan Tempalo

id ikan tempalo, jentik

Palembang, (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan setempat telah membagikan sebanyak 14 ribu ikan tempalo untuk membasmi jentik-jentik nyamuk demam berdarah.

Wakil Wali Kota Palembang, H Romi Herton menyampaikan hal itu ketika menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD setempat di Palembang, Kamis.

Menurut dia, upaya-upaya yang dilakukan antara lain membagikan bubuk abate dan cynop (bahan kimia untuk fogging/pengasapan) di semua kecamatan dan kelurahan di Kota Palembang.

Kemudian pembagian 14 ribu ikan tempalo melalui petugas puskesmas dan kader pemantau jentik di 107 kelurahan secara merata dan melakukan penyuluhan tiga M plus kepada masyarakat, pihak sekolah oleh tim Dinas Kesehatan, katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Palembang, Hj Gema Asiani, mengatakan, untuk mencegah penyakit demam berdarah mereka membagikan bubuk abate ke seluruh kelurahan dan kecamatan dan melakukan fogging.

Kemudian pembagian 14 ribu ikan tempalo kepada masyarakat melalui petugas puskesmas dan kader jumantik dengan melihat setiap rumah kalau ada jentik nyamuk dikasih ikan tersebut, ujar dia.

Jadi, ikan tempalo itu diberikan jika dilihat di rumah itu ada jentik nyamuk, jelasnya.

Ia menyatakan, di Palembang ini terdapat 400 kader jumantik dan mereka itu diberi pelatihan.

Sementara mengenai jumlah penderita demam berdarah di Palembang pada Januari 2012 ini ada peningkatan bila dibandingkan dengan Desember tahun 2011 lalu.

Pada Januari 2012 ini jumlah penderitanya sekitar 100 orang lebih, sedangkan Desember 2011 sebanyak 80 orang, demikian Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang. (ANT/SUS)