Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menyalurkan bantuan bedah rumah gratis untuk korban bencana angin puting beliung di Desa Argomulyo, Kecamatan Belitang Jaya.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Selasa, mengatakan bedah rumah gratis ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap korban bencana alam.

"Seperti kita ketahui ada beberapa rumah di Desa Argomulyo ini nyaris hancur akibat diterjang angin puting beliung, beberapa waktu lalu," katanya.

Untuk meringankan beban korban bencana alam, pemerintah daerah setempat berinisiatif memberikan bantuan renovasi rumah secara gratis agar layak ditempati.

"Renovasi rumah ini menggunakan dana dari sumbangan atau anggaran belanja setiap organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab OKU Timur," ujarnya.
Bupati Lanosin Hamzah berharap, bantuan bedah rumah dari APBD 2023 dapat sedikit membantu korban yang terdampak bencana.

“Semoga bantuan ini sedikit banyak dapat membantu warga yang terkena bencana angin puting beliung," kata dia.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman OKU Timur Danan Rachmat menambahkan bantuan sosial ini menyasar tujuh kepala keluarga di Desa Argomulyo, Kecamatan Belitang Jaya yang menjadi korban angin puting beliung.

Dalam hal ini, pihaknya segera merenovasi rumah warga yang terdampak bencana agar layak ditempati kembali bersama keluarga.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga memiliki rumah yang nyaman dihuni bersama keluarga," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024