Martapura, Sumsel (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Lanosin Hamzah membuka bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di zona Belitang Jaya dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 19 tahun 2023 kabupaten setempat.

"Bazar UMKM resmi dibuka hari ini selama beberapa hari kedepan," kata Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Sabtu.

Dia mengatakan, bazar UMKM yang dipusatkan di Lapangan Bola Karsa Jaya, Kecamatan Belitang Jaya ini dibuka untuk umum agar menggeliatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Dalam bazar tersebut pihaknya menyediakan ratusan stan UMKM yang diisi berbagai produk dan makanan khas Kabupaten OKU Timur yang dipamerkan untuk dijual agar dikenal masyarakat luas.

"Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi terlihat ribuan pengunjung yang menghadiri bazar UMKM ini," ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menghidupkan kembali ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM di Kabupaten OKU yang sebelumnya sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Rangkaian HUT OKU Timur tahun ini sengaja kami buat panjang selama beberapa hari agar bisa memberdayakan pelaku UMKM di setiap zona," kata Lanosin Hamzah.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM dari Kecamatan Belitang, Evi menyambut baik even yang digelar Pemkab OKU Timur tersebut karena dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah khususnya para pedagang.

"Bazar UMKM ini merupakan momen langka yang dapat memberikan semangat baru bagi pelaku UMKM setelah hampir dua tahun terpuruk akibat pandemi COVID-19," jelasnya.

Dalam bazar tersebut, lanjut dia, berbagai produk makanan ringan yang dipamerkannya untuk dijual seperti kue basah dan kering khas Kabupaten OKU Timur yaitu salah satunya Keripik Pisang Ogan Komering dan Keripik Pare.

"Selain rasanya enak, setiap makanan ringan yang kami tampilkan ini sudah mendapatkan sertifikat halal sehingga layak dan aman dikonsumsi," demikian Evi..

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024