Palembang (ANTARA) - Sebanyak 243 calon kepala desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendeklarasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 22 November 2021 bakal berlangsung damai.

Deklarasi Damai Pilkades serentak itu berlangsung di Opproom Pemkab Musi Banyuasin (Muba), Sekayu, Kamis, dengan disaksikan pejabat setempat.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi dalam arahannya mengatakan, Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa sehingga pelaksanaan harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Jurdil).

Perlu diperhatikan, Pilkades serentak pada 2021 dilaksanakan dalam kondisi bencana nonalam atau di masa pandemi COVID-19.

Walaupun saat ini Kabupaten Muba berstatus zona hijau, tetapi warga diwajibkan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dalam setiap tahapan pemungutan dan penghitungan suara, kata dia.

Beni mengimbau warga dan semua unsur yang terlibat untuk bersama-sama menyukseskan Pilkades serentak ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kepada para calon kades untuk berkompetisi dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, dengan mengedepankan sikap santun serta damai," kata dia.

Dirinya berpesan agar seluruh calon kades harus siap untuk kalah dan siap menang.

Bagi calon kades yang terpilih, untuk tidak terlalu bereuforia dan bagi yang belum terpilih harus sabar dan tetap menghormati jalannya proses demokrasi, kata Beni.

Sementara itu, Kapolres Muba menyampaikan sesungguhnya tidak ada desa yang rawan di kabupaten ini, namun yang dibutuhkan hanya perhatian khusus di beberapa desa agar tahapan Pilkades dapat terlaksana dengan baik.

Untuk itu, Kepolisian menerjunkan 300 orang personel.

"Menurut klasifikasi kami ada 24 desa yang tergolong perlu perhatian untuk pengamanannya, kemungkinan pelaksanaan nanti sudah aman,” kata dia.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Richard Cahyadi AP mengatakan sebanyak 243 calon kepala desa ini akan bertarung di 74 desa yang tersebar di 15 kecamatan.

Adapun rinciannya, Kecamatan Sekayu 1 desa, Sungai Keruh 1 desa, Babat Supat 1 desa, Plakat Tinggi 2 desa, Sungai Lilin 2 desa, Jirak Jaya 4 desa, Keluang 5 desa, Bayung Lencir 5 desa, Lais 6 desa.

Kemudian, Batanghari Leko 7 desa, Tungkal Jaya 6 desa, Lawang Wetan 6 desa, Babat Toman 9 desa, Lalan 9 desa da  Sanga Desa 11 desa. Adapun jumlah TPS sebanyak 278, dengan jumlah DPT sebanyak 118.000 mata pilih, yang tesebar di 280 TPS dalam 15 kecamatan.


 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024