Baturaja (ANTARA) - Seorang anggota Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, AIPTU Solahuddin mendapat penghargaan terbaik kedua anggota kepolisian di Sumsel karena membawa ratusan orang lanjut usia (Lansia) di wilayahnya ke tempat pelayanan vaksinasi untuk disuntik vaksin COVID-19.

Penghargaan terbaik kedua di jajaran Polda Sumsel dari Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri ini disampaikan oleh Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga di Baturaja, Jumat.

Kapolres mengatakan, Aiptu Solahuddin yang kesehariannya menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Tanjungbaru, Kecamatan Baturaja Timur ini diberikan penghargaan atas keberhasilan dan dedikasi yang sangat tinggi dengan membawa ratusan masyarakat lanjut usia untuk melakukan vaksin COVID-19.

Aiptu Solahuddin tercatat sebagai Babinkamtibmas teladan yang sudah lebih dari 10 tahun mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Selama proses vaksinasi untuk lansia, kata dia, yang bersangkutan telah banyak membantu dan mengajak para lansia yang jauh dari tempat pelayanan vaksin untuk datang ke Puskesmas guna disuntik vaksin.

"Jumlah lansia yang dibantu oleh yang bersangkutan selama proses vaksinasi yaitu sebanyak 194 orang," ujarnya.

Sementara itu, Aiptu Solahuddin saat dikonfirmasi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya sebagai personel terbaik kedua di Sumatera Selatan.

Dia mengakui apa yang dilakukannya tersebut merupakan wujud tanggung jawab sebagai anggota kepolisian dalam membantu mengajak lansia ke tempat pelayanan vaksin.

Menurut dia, dibutuhkan kesabaran yang besar untuk mengedukasi para lansia, apalagi dengan beredaranya berita-berita hoaks seputar vaksin yang membuat orang tua takut disuntik vaksin.

"Tantangan dan kendala saat mengajak lansia datang ke pusat pelayanan kesehatan untuk divaksin adalah menyakinkan para lansia bahwa vaksin COVID-19 aman bagi tubuh manusia, termasuk masyarakat usia di atas 60 tahun," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024