Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk mengembangkan kawasan kota berbasis perikanan atau minapolitan

Untuk mengembangkan kawasan minapolitan itu tidak hanya dibebankan kepada Dinas Perikanan tetapi diperlukan dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya, kata Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Apriyadi di Sekayu, Senin.

Menurut dia, kawasan minapolitan yang dikembangkan di sejumlah kecamatan dalam wilayah Bumi Serasan Sekate ini telah memberikan manfaat bagi peningkatan pendapatan? dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk mengoptimalkan kawasan minapolitan itu, selain mendorong Dinas Perikanan pihaknya akan melibatkan seluruh OPD dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam kawasan tersebut, katanya.

Dia menjelaskan, secara nasional hanya 50 kabupaten/kota yang memiliki kawasan minapolitan berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kabupaten Musi Banyuasin sebagai salah satu daerah yang ditunjuk mengembangkan kawasan minapolitan, akan memanfaatkan kepercayaan itu dengan baik.

Dalam kabupaten ini terdapat tiga kecamatan yang ditetapkan sebagai kawasan minapolitan yakni Kecamatan Sekayu, Sungai Lilin, dan Kecamatan Lais.

Kawasan minapolitan Kecamatan Sekayu mengembangkan komoditas ikan hias Botia/Kejublang (Chromobotia sp/tiger Botia), Sungai Lilin mengembangkan? komoditas ikan nila, dan Kecamatan Lais mengembangkan? komoditas Ikan patin.

Ikan yang dikembangkan di kawasan minapolitan itu diiupayakan jenisnya lebih banyak lagi dengan kualitas yang lebih baik sehingga bisa memiliki pasar yang luas, kata Sekda.

Pewarta : Yudi Abdullah
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024