Seorang warga OKU hilang terbawa arus Sungai Ogan

id Korban tenggelam, Sungai Ogan, tim gabungan, perahu karet, BPBD OKU

Seorang warga OKU hilang terbawa arus  Sungai Ogan

Tim gabungan BPBD OKU melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Ogan, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan melakukan pencarian korban bernama Atdenan (56) yang tenggelam saat sedang mandi di Sungai Ogan kawasan Kelurahan Saung Naga, Kecamatan Baturaja Barat.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa korban tenggelam siang tadi sekitar pukul 13.40 WIB," kata Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, mendapat laporan tersebut pihaknya bergerak cepat menerjunkan tim gabungan dari Basarnas OKU Raya dan dibantu masyarakat sekitar untuk melakukan pencarian terhadap korban.

Metode pencarian dilakukan dengan fokus menyisir perairan Sungai Ogan di tempat pertama kali korban hanyut terbawa arus sungai.

Tim gabungan melakukan pencarian menggunakan tiga unit perahu karet yang dikerahkan agar korban segera ditemukan.

"Untuk sementara kami menurunkan tiga perahu karet milik BPBD OKU dan Basarnas Unit OKU Raya," katanya.

Pencarian pun dilakukan dengan cara menyelami Sungai Ogan oleh personel di lapangan yang dilengkapi dengan peralatan selam yang memadai.

Hanya saja, kata dia, proses pencarian tetap dilakukan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga pukul 18.00 WIB.

"Sesuai SOP pencarian dilanjutkan esok hari mulai pukul 06.00 WIB. Namun jika ada informasi masyarakat yang melihat posisi korban maka akan kami bantu untuk langsung dilakukan evakuasi terhadap korban yang tenggelam tersebut," tegasnya.