OKU Timur kembangkan aplikasi c-Panel untuk layanan pemerintahan

id Layanan pemerintahan, pelayanan publik, teknologi informasi, Pemkab OKU Timur

OKU Timur kembangkan aplikasi c-Panel untuk layanan pemerintahan

Kegiatan sosialisasi penggunaan c-Panel di Martapura, Sumsel, Rabu (16/10/2024). ANTARA/HO-Diskominfo

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, mengembangkan penggunaan aplikasi c-Panel untuk menyajikan layanan pemerintahan yang berkualitas kepada masyarakat di wilayahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKU Timur Sri Suhartati di Martapura, Rabu, mengatakan bahwa c-Panel adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai kontrol panel web hosting untuk memudahkan pengelolaan website, email, dan server.

"Layanan c-Panel ini untuk digunakan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab OKU Timur," katanya.

Menurut dia, saat ini, penggunaan aplikasi ini sedang dalam tahap sosialisasi yang melibatkan seluruh OPD agar memahami cara penggunaannya.

"Sosialisasi hari ini diikuti sebanyak 75 operator dari masing-masing OPD di OKU Timur," ujarnya.

Ia berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan penggunaan subdomain website OPD, validitas informasi yang disajikan dan terpenuhinya kebutuhan data serta pelayanan pemerintah kepada masyarakat, dunia usaha maupun antar instansi pemerintah.

"Kami harap kita dapat bersama-sama mendorong kemajuan di bidang teknologi informasi dan pemerintah demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya di OKU Timur," harapnya.

Sementara, Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi menyampaikan bahwa website pemerintah daerah tidak hanya berfungsi sebagai wadah informasi, tetapi juga sebagai sarana komunikasi dan interaksi dengan masyarakat.

Untuk itu, menurutnya, pengelolaan website yang efektif menjadi salah satu kunci penting dalam penyampaian informasi dan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat di daerah itu.

"Mari kita gunakan layanan baru c-Panel dan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung digitalisasi yang berkelanjutan. Semoga layanan ini membawa manfaat yang besar bagi kita semua dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor teknologi informasi," ujar dia.