20.899 anak di OKU peroleh vitamin A gratis

id Program Vitamin A, anak dan balita, kekebalan tubuh, Dinas Kesehatan OKU

20.899 anak di OKU peroleh vitamin A  gratis

Seorang anak di Kabupaten OKU diberi vitamin A. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 20.899 anak dan balita di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memperoleh asupan vitamin A secara gratis dari Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan OKU, Afua Amuri, di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa program pemberian vitamin A di wilayahnya melebihi target nasional atau di atas 90 persen.

"Bulan pemberian vitamin A yang digelar mulai awal Agustus 2024 melebihi target nasional yaitu mencapai 97 persen," katanya.

Berdasarkan data hingga 31 Agustus 2024 tercatat sebanyak 20.899 anak dan balita di Kabupaten OKU sudah diberi vitamin A dari 21.527 target sasaran.

Dalam pemberian vitamin pihaknya langsung terjun ke lapangan untuk mendatangi rumah-rumah warga hingga pelosok desa di wilayah itu.

Bahkan, Dinas Kesehatan OKU melibatkan seluruh pihak sekolah di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di Kabupaten OKU agar program tersebut berjalan maksimal.

Dia menjelaskan, pemberian vitamin secara gratis ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin A bagi anak-anak di Kabupaten OKU khususnya para balita.

"Ada dua jenis vitamin yang dibagikan yaitu warna biru untuk anak usia 6-11 bulan dan vitamin A warna merah untuk anak usia 12-59 bulan," jelasnya.

Dia menjelaskan, anak yang mendapat asupan vitamin A cenderung memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit infeksi seperti campak, diare, mata dan tidak menghambat tumbuh kembang pada anak.