Pemkab Muba gelar OPM di Pasar Desa Air Putih Ulu

id Sumsel, opm muba

Pemkab Muba gelar OPM di Pasar Desa Air Putih Ulu

Pelaksanaan Operasi Pasar Murah di Pasar Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. ANTARA/HO/Diskominfo

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba melakukan Operasi Pasar Murah di Pasar Rakyat Desa Air Putih Ulu berbarengan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-19 Kecamatan Plakat Tinggi, Selasa (06/08/2024).

Pj Bupati H Sandi Fahlepi saat membuka acara ini mengatakan operasi pasar ini disamping mendukung program pengendalian inflasi daerah juga untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan menjamin keamanan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok masyarakat.

“Operasi pasar merupakan salah satu upaya konkret Pemkab Muba dalam menekan dan mengendalikan inflasi daerah,” ujarnya yang dalam kesempatan tersebut didampingi Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Sandi Fahlepi.

Lanjutnya, Pemkab Muba melalui OPD terkait yang bekerja sama dengan Perum Bulog Divre Sumsel dan Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu melaksanakan operasi pasar agar kebutuhan pokok dapat tersedia dengan harga terjangkau, dan diharapkan menjadi bagian kontribusi terhadap pengendalian inflasi daerah.

"Semoga kegiatan ini dapat terlaksana juga di kecamatan lain di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin," harapnya.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati Muba mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-19 Kecamatan Plakat Tinggi.

“Semoga peringatan ini menjadi momen dalam menjalin hubungan kekeluargaan, berbagi ilmu dan pengalaman sehingga dapat tercipta selaras dan terjaga dengan baik,” tandas H Sandi Fahlepi.

Kepala Disperindag Azizah menjelaskan operasi pasar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Saat ini harga kebutuhan pokok sudah mulai relatif naik, namun dari data inflasi terakhir di minggu pertama agustus, alhamdulilah harga beras sudah tidak termasuk dalam komoditas yang mempengaruhi inflasi di kabupaten Muba,” tuturnya.

Dikatakan, operasi pasar plakat tinggi ini merupakan kegiatan rutin yang ke 10 dari 20 titik operasi yang akan dilakukan mendatang berdasarkan rencana pada tahun anggaran 2024. Paket sembako berupa beras 5 kg dan minyak goreng 1 liter dapat dibeli masyarakat dengan harga Rp 69.000 yang sebelumnya harga Rp 79.000 sebelum diberikan subsidi.