Gregoria Mariska jaga gengsi dan reputasi bulu tangkis Indonesia

id Olimpiade Paris 2024,Bulu tangkis Olimpiade 2024, Gregoria Mariska Tunjung,An Se-young

Gregoria Mariska jaga gengsi dan reputasi bulu tangkis Indonesia

Gregoria Mariska Tunjung melepaskan pukulan saat menghadapi An Se-young dalam semifinal tunggal putri Olimpiade Paris 2024 di Porte de la Chapelle Arena atau Adidas Arena, Paris, Prancis, pada 4 Agustus 2024. (AFP/ANTONIN THUILLIER)

Jakarta (ANTARA) - Memang situasinya agak unik Gregoria Mariska Tunjung mendapatkan medali dari cara yang tak ditentukan dari pertandingan.

Namun, jika Anda melihat bagaimana Gregoria menjalani pertandingan semifinal tunggal putri bulutangkis Olimpiade Paris 2024 melawan An Se-young dari Korea Selatan, maka Gregoria pantas dikalungi medali Olimpiade.

Setelah menyerah 21-11, 13-21, dan 16-21 kepada juara dunia yang juga nomor satu dunia itu dalam pertandingan heroik di Adidas Arena, Paris, Minggu siang tadi, Gregoria seharusnya memperebutkan medali perunggu melawan He Bingjiao atau Carolina Marin.

Tapi pertandingan semifinal lain antara He dan Marin, berakhir tragis karena Marin mundur dari pertandingan itu akibat cedera ketika dia sudah memenangkan gim pertama dengan 21-14 dan memimpin gim kedua dengan 10-8.

Marin berteriak kesakitan untuk kemudian tertelungkup di lapangan ketika berusaha mengembalikan bola saat kedudukan 10-6.

Pebulu tangkis Spanyol itu sempat melanjutkan pertandingan sampai dua servis yang dilakukan He, yang tak bisa dia menangkan karena salah satu kakinya terlalu sakit untuk dipaksa melanjutkan permainan.

Juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dari Spanyol berperingkat empat dunia itu akhirnya menghentikan pertarungan melawan He sehingga pebulu tangkis China berperingkat enam dunia itu maju ke final menghadapi Se-young.

Badan bulu tangkis Eropa (Badminton Europe) dan badan bulu tangkis dunia (BWF), sudah mengonfirmasikan bahwa Marin tak bisa melanjutkan petualangan dalam Olimpiade Paris.

Dengan demikian, pertandingan perebutan medali perunggu ditiadakan sehingga Jorji, panggilan akrab Gregoria, otomatis mendapatkan medali perunggu Olimpiade 2024.

Itu adalah medali pertama Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024.