Seratus atlet anggar belia ikuti kejuaraan tingkat pelajar di Sumsel

id Anggar,PON 2024,Atlet Anggar,IKASI

Seratus atlet anggar belia ikuti kejuaraan tingkat pelajar di Sumsel

Kompetisi Anggar tingkat pelajar se- Sumatera yang digelar di Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat 5 Juli hingga Minggu 7 Juli 2024 (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Sebanyak seratus atlet anggar belia mengikuti kejuaraan antar pelajar se-Sumatera yang digelar di  Jakabaring Sport City Kota Palembang  Sumatera Selatan, 5-7 Juli 2024.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Provinsi Sumatera Selatan  Lukman Ahmady, Jumat (5/7/2024) mengatakan kejuaraan itu untuk memberikan kesempatan para atlet belia untuk bertanding sekaligus mendekatkan ajang kejuaraan.

Pasalnya selama ini kejuaraan anggar lebih banyak digelar di Pulau Jawa.

Kegiatan itu juga  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atlet dan menumbuhkan minat generasi pada olahraga anggar.
 
Para peserta terdiri dari pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA dari Provinsi Jambi, Lampung, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan. Namun ada juga undangan khusus atlet dari Jawa Tengah dan Bogor, Jawa Barat.
 
"Sejauh ini kejuaraan anggar banyak digelar  di Pulau Jawa. Namun kali ini untuk pertama kalinya dilakukan di Pulau Sumatera dan Palembang, Sumsel menjadi tuan rumah," katanya.
 
Ia menyebutkan kompetisi itu akan digelar secara bergilir di provinsi-provinsi di Pulau Sumatera . Tahun depan rencananya digelar di Provinsi Riau. 
 
Melalui kerjasama yang baik antara Pengurus Provinsi se Sumatera, olahraga yang relatif mahal ini dapat terlaksana dengan sukses. 

"Diharapkan ajang ini menjadi kalender tetap dan berkesinambungan sehingga regenerasi atlet berlangsung baik dan merata," katanya.