Pj Bupati Hani Rustam sebutkan inflasi Banyuasin terkendali

id sumsel, banyuasin, inflasi

Pj Bupati Hani Rustam sebutkan inflasi Banyuasin terkendali

Dalam High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sumatera Selatan, Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam melaporkan upaya percepatan pengendalian inflasi di Kabupaten Banyuasin digelar di Jakabaring Banyuasin, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/HO/Diskominfp)

Pewarta Sumsel (ANTARA) - Dalam High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sumatera Selatan, Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam melaporkan upaya percepatan pengendalian inflasi di Kabupaten Banyuasin digelar di Jakabaring Banyuasin, Rabu (12/6/2024).

Inflasi di Kabupaten Banyuasin dilaporkan secara umum harga bahan pokok penting atau bahan pangan di Kabupaten Banyuasin ditingkat konsumen stabil kecuali komoditi bawang putih, kedele dan minyak goreng curah pada minggu ke-5 bulan Mei mengalami kenaikan diatas HET/HAP (Harga Acuan Pemerintah).

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan untuk bawang putih, kedele diperoleh dari luar daerah pada minggu ke 5 bulan Mei mulai terjadi penurunan harga untuk komoditi cabe merah dan cabe rawit merah.

Masih kata Hani, untuk beras premium dan medium mengalami penurunan harga di bawah HET/HAP sejak 2 bulan terakhir karena di Kabupaten Banyuasin sejak pertengahan bulan Februari hingga bulan April panen raya dan pada bulan Mei masih ada yang panen.

Untuk harga minyak goreng minyak kita di tingkat konsumen juga melebihi HET/HAP yang ditetapkan Pemerintah (Survey dilakukan pada 3 pedagang untuk masing-masing Komoditi diambil harga rata-rata).