Presiden: Konsep kota masa depan harus hijau dan nyaman dihuni

id Presiden joko widodo,jokowi,konsep kota masa depan,ibu kota nusantara,IKN,berita palembang, berita sumsel

Presiden: Konsep kota masa depan harus hijau dan nyaman dihuni

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa konsep kota masa depan harus ramah lingkungan dan nyaman dihuni (liveable).

Konsep tersebut dia jelaskan untuk memperbaiki kekeliruan pandangan masyarakat bahwa kota masa depan itu berarti banyak gedung pencakar langit atau bangunan beton.

“Menurut saya, dan sekarang ini sudah mulai ada sebuah paradigma baru, kota yang baik adalah kota yang ramah pejalan kaki, kota yang ramah terhadap penyandang disabilitas, kota yang ramah terhadap pesepeda, kota yang ramah terhadap anak dan perempuan,” kata Presiden ketika membuka Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)  2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

Untuk mendukung kehijauan kota, Presiden mengusulkan penggunaan paving grass daripada paving block, serta penanaman pohon di sepanjang jalur pedestrian.