Kisah "Hujung Galuh" di Surabaya Vaganza 2024

id surabaya vaganza ,gudang garam meriahkan surabaya vaganza

Kisah "Hujung Galuh" di Surabaya Vaganza 2024

Kontingen dari PT Gudang Garam, Tbk, Kediri saat ikut memeriahkan parade bunga dan budaya di Surabaya. (ANTARA/HO-Gudang Garam)

Kediri (ANTARA) - Pabrik rokok PT Gudang Garam, Tbk di Kediri, Jawa Timur, mengusung kisah masa keemasan "Hujung Galuh Surya Kirana i Churabaya" (Ujung Galuh ‘Sinar Matahari’ di Surabaya) dalam parade budaya Surabaya Vaganza 2024.

Parade budaya tersebut digelar Pemerintah Kota Surabaya, memperingati Hari Jadi ke-731 kota tersebut.

Kepala Bidang Humas PT Gudang Garam Tbk. Iwhan Tri Cahyono di Kediri, Sabtu, mengemukakan pihaknya ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk menghibur masyarakat.

Dalam Surabaya Vaganza 2024, perusahaan mengusung kisah masa keemasan Hujung Galuh Surya Kirana i Churabaya (Ujung Galuh ‘Sinar Matahari’ di Surabaya).

"Hujung Galuh adalah nama pelabuhan utama yang sudah dikenal sejak zaman Raja Airlangga (1009- 1042). Pelabuhan ini berada di sebelah Selatan kampung Galuhan, sebuah permukiman yang didirikan 100 tahun sebelum Gajah Mada menggunakannya sebagai markas militer/misi diplomatik menyatukan Nusantara," katanya.

Ia menambahkan semangat penyatuan Nusantara yang diinisiasi Raja Kertanegara itu dititipkan kepada putrinya Gayatri, yang juga istri Raden Wijaya pendiri Majapahit.