Angin kencang Landa OKU Selatan

id Bencana angin kencang, rumah hancur, BPBD OKU Selatan

Angin kencang Landa OKU Selatan

Rumah warga Desa Simpang Saga, Kabupaten OKU Selatan hancur diterjang angin kencang, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan menyatakan satu rumah warga di Desa Simpang Saga, Kecamatan Buay Runjung, rusak berat diterjang angin kencang yang terjadi pada Rabu (27/3) malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan, Heri Pramono di Muaradua, Kamis mengatakan bahwa hujan deras yang terjadi tadi malam menimbulkan angin kencang hingga nyaris memporak-porandakan rumah warga di Desa Simpang Saga.

"Beruntung akibat bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa ataupun korban luka-luka," katanya.

Hanya saja, kata dia, akibat tiupan angin kencang rumah korban Jumadi yang dihuni bersama lima orang anggota keluarganya itu hancur di bagian atap dan depan rumah hingga tidak layak ditempati.

Terkait hal tersebut pihaknya telah menerjunkan personel ke lokasi bencana alam guna membantu warga membersihkan puing-puing atap rumah yang hancur tertiup angin.

"Tim Satgas BPBD OKU Selatan melakukan kajian cepat di lapangan guna mengantisipasi bencana susulan," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Heri kembali mengingatkan masyarakat di Kabupaten OKU Selatan untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem, khususnya angin kencang agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Masyarakat pun diminta menghindari lokasi yang terdapat pohon besar yang rentan tumbang untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa yang akan datang.

"Kondisi cuaca ekstrem pohon tumbang juga harus diantisipasi agar tidak sampai menimbulkan korban jiwa," ujarnya.