Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0

id Indonesia vs Vietnam,Timnas Indonesia,Pratama Arhan,Egy Maulana Vikry,kualifikasi piala dunia 2026

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0

Laga antara timnas Indonesia melawan Vietnam dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia memetik kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F setelah menundukkan Vietnam 1-0 melalui gol Egy Maulana Vikry (52') di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Menurunkan dua pemain anyar sejak awal, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, tim Garuda sempat kesulitan pada babak pertama.

Pasukan pelatih Shin Tae-yong (STY) terus tertekan dari gaya bermain Vietnam asuhan Philippe Troussier pada 25 menit pertama. Selama setengah jalannya babak pertama itu, Garuda juga sulit untuk menembus garis tengah Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam di 25 menit itu mendapatkan peluang melalui tembakan mendatar Nguyen Hoang Duc yang masih menyamping.

Tim berjuluk The Golden Stars itu juga mendapatkan peluang berbahaya pada menit ke-22 ketika penyerangnya terbebas. Beruntungnya, pada momen ini bek asal SC Heerenveen Nathan melakukan tugasnya dengan baik dengan melakukan tackle bersih.

Setelah itu, perlahan Indonesia keluar dari tekanan. Rafael Struick melalui aksinya dari sayap kiri melakukan cut inside dan menendang bola yang masih tepat di pelukan kiper Vietnam Filip Nguyen saat laga hampir berjalan setengah jam.

Indonesia kembali mendapatkan momen pada menit ke-32 ketika Yakob Sayuri melakukan kerja sama dengan Witan Sulaeman. Sayangnya, umpan datar Yakob masih gagal menemui target dan karena dapat diamankan bek Vietnam.

Hingga berakhirnya 45 menit pertama, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol untuk menyudahi babak pertama dengan skor kacamata 0-0.