Mari bungkam Vietnam

id Kualifikasi Piala Dunia 2026,Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Indonesia vs Vietnam,berita palembang, berita sumsel

Mari bungkam Vietnam

Sejumlah pemain Timnas Indonesia menjalani latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Timnas Indonesia menggelar latihan jelang bertanding melawan Vietnam dalam laga lanjutan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wpa.

Jakarta (ANTARA) - Menjelang pertandingan Indonesia melawan Vietnam dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026, sejumlah pihak dalam timnas Vietnam melancarkan perang urat syaraf yang berpangkal kepada penggunaan pemain naturalisasi oleh Indonesia.

Salah satu sinisme Vietnam adalah mereka merasa tidak sedang menghadapi timnas Indonesia, melainkan melawan timnas Belanda. Kebanyakan pemain naturalisasi Indonesia memang berasal dari Belanda.

Ada lagi pandangan mereka yang berusaha mengusik kepaduan tim Merah Putih dengan mengatakan timnas Indonesia kini bermain tidak sesemangat ketika masih belum banyak diperkuat pemain naturalisasi.

Sebagian pandangan Vietnam itu ada benarnya, tapi jika dilihat lebih jauh lagi dan konteksnya, pandangan mereka melukiskan kekhawatiran terhadap kinerja timnas Indonesia belakangan tahun ini.

Vietnam bisa jadi khawatir terhadap beberapa fakta bahwa timnas Indonesia berhasil mengatasi kutukan, dengan merebut medali emas sepak bola SEA Games 2023 yang merupakan emas sepak bola pertama dalam kurun 32 tahun terakhir dan saat mencapai babak knockout Piala Asia 2023 yang untuk pertama kalinya dilakukan Indonesia.

Kebetulan, dalam perjalanan mencapai dua kemajuan itu, Indonesia melakukannya setelah terlebih dahulu mengalahkan timnas Vietnam.