"Sotong Pangkong" pecahkan rekor MURI

id wisata kuliner kalbar,sotong pangkong,rekor muri

"Sotong Pangkong" pecahkan rekor MURI

Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana menyerahkan piagam Rekor MURI kepada Pj Gubernur Kalbar Harisson untuk kategori peserta Pemangkong Sotong (Pemukul Sotong/cumi) terbanyak, Jumat (23/2/2024) (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memecahkan rekor Muri dengan menghadirkan sebanyak 570 peserta Sotong Pangkong (Sotong/cumi Pukul) yang menjadi salah satu kuliner khas Pontianak.

"Sotong Pangkong menjadi salah satu event kuliner pada Kalbar Food Festival 2024 yang digelar dan dipersiapkan untuk pemecahan rekor MURI," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispotrapar) Kalbar, Windy Prihastari di Pontianak, Jumat.

Windy yang juga menjadi Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa Kalbar Food Festival ini dilaksanakan pertama kali yang sebelumnya merupakan even Pontianak Food Festival.

Adapun kegiatan dari kegiatan tersebut yakni Rekor MURI Sotong Pangkong, lomba memasak, festival kopi, pemilihan duta kuliner abang adek, stand up comedy hingga festival kuliner khas Kalimantan Barat.

"Kegiatan ini bertujuan mempromosikan kuliner ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Barat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kalimantan Barat kemarin mendapatkan urutan ke-6 pergerakan kunjungan wisata terbanyak se-Indonesia, maka harus terus bergerak," tuturnya. 
Peserta Pemangkong Sotong (Pemukul Sotong/cumi) terbanyak, Jumat (23/2/2024) (ANTARA/Rendra Oxtora)