Puncak peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel gelar upacara, tasyakuran, berikan mitra penghargaan

id Puncak peringatan HBI, hbi ke-74, Kemenkumham Sumsel, gelar upacara, tasyakuran, berikan mitra penghargaan

Puncak peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel gelar upacara, tasyakuran, berikan mitra penghargaan

Kakanwil Kemenkumham Sumsel memberikan penghargaan kepada Kepala Biro ANTARA Sumsel Syarif Abdullah serta beberapa pimpinan media massa dan Forkopimda pada HBI ke-74. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Kanwil Kemenkumham Sumsel menggelar upacara sekaligus tasyakuran puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 Tahun 2024, kegiatan berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Jumat (26/1).

Selain itu memberikan penghargaan kepada forkopimda dan mitra instansi pemerintah dan swasta termasuk kepada tiga pimpinan media massa yang mendukung penyebaran informasi mengenai keimigrasian yakni LKBN ANTARA (antaranews), Sriwijaya Post, dan Sumatera Ekspres.

Tema Hari Bhakti Imigrasi pada tahun ini adalah "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi".

Upacara dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya selaku Inspektur Upacara, sementara bertindak selaku Perwira Upacara Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Junior Manerep Sigalingging, serta Komandan Upacara Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Harmans Junianto Takasiliang. 

Adapun upacara di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi Palembang maupun pegawai pada Kantor Wilayah serta pegawai Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Kota Palembang. 

Dalam amanatnya, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly yang memberikan apresiasi atas berbagai capaian jajaran Imigrasi sepanjang tahun 2023.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas dedikasi dan pengabdian yang luar biasa. Mari kita jaga momentum positif ini untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta senantiasa menjaga integritas sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI," ujar Kakanwil saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM.

"Pada tahun 2023 penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Direktorat Jenderal Imigrasi mencapai 320    persen. Capaian realisasi PNBP hingga 31 Desember 2023 mencapai Rp7,6  triliun.

Hal ini merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi berkontribusi dalam percepatan perekonomian nasional.

Dikatakan juga pada sambutan tersebut bahwa produk kebijakan layanan keimigrasian lainnya yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat adalah Golden Visa. 

"Penerapan kebijakan Golden Visa diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi asing masuk ke Indonesia. Di samping Golden Visa, ke depan akan dirumuskan turunan kebijakan izin tinggal keimigrasian seperti kemudahan proses alih status dalam rangka menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menggairahkan bagi para investor asing," tambahnya. 

Menutup amanat, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr. Ilham Djaya menyampaikan pesan dari Menkumham kepada seluruh insan imigrasi untuk tetap memegang teguh prinsip serta tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi serta pekerjaan sehari-hari. 

"Terima kasih kepada seluruh jajaran imigrasi yang telah mendukung perjalanan luar biasa Direktorat Jenderal Imigrasi. Mari kita terus bersatu, berkarya, dan menjadikan Direktorat Jenderal Imigrasi semakin baik dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa." kata Kakanwil Ilham menutup amanatnya. 

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 Tahun 2024 dilaksanakan secara serentak baik di tingkat pusat, Kantor Wilayah, atase dan staf teknis Imigrasi Perwakilan Luar Negeri dan Unit Pelaksana Teknis Imigrasi. 

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan peresmian dan pemecahan guci Mobil Kami Pasti Palembang, selanjutnya kegiatan tasyakuran dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74 yang digelar di Aula Yusuf Adiwinata Kanim Palembang.

Kakanwil Ilham Djaya juga mengapresiasi para stakeholder yang turut hadir pada kegiatan ini, di antaranya Pj. Gubernur Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Pemprov Sumsel Kurniawan, para kepala UPT Kota Palembang, serta para Forkopimda Kota Palembang