BBKSDA melepasliarkan satu orang utan di Suaka Margasatwa Siranggas

id BBKSDA,orang utan,berita palembang, berita sumsel

BBKSDA melepasliarkan satu orang utan di Suaka Margasatwa Siranggas

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melepasliarkan satu orang utan sumatera (Pongo abelii) yang diberi nama Rongring ke dalam kawasan Suaka Margasatwa Siranggas, Kabupaten Pakpak Bharat.  (ANTARA/HO-BBKSDA Sumut)

Medan (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) melepasliarkan satu orang utan sumatera (Pongo abelii) yang diberi nama Rongring ke dalam kawasan Suaka Margasatwa Siranggas, Kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala BBKSDA Sumut Rudianto Saragih di Medan, Sabtu, mengatakan pemilihan Suaka Margasatwa Siranggas sebagai rumah baru bagi Rongring karena areal tersebut merupakan habitat alami bagi orang utan sumatera dan telah dilakukan survei kelayakan BBKSDA YOSL-OIC, Tahukah, dan YEL.

Setelah dilakukan pengamatan kondisi fisik, perilaku, kesehatan, dan kemampuan untuk bertahan hidup, kata dia, Rongring dinyatakan layak untuk dilepasliarkan, maka dilakukan persiapan pelepasliaran ke Suaka Margasatwa Sitanggas.

Rongring yang dalam kondisi baik dan aktif di kandang, diangkut dari PKRO Batumbelin, Sibolangit, Deli Serdang, Rabu (27/12) menuju Kota Sidikalang.

Baca juga: Bayi beruang jalani perawatan di klinik
Baca juga: Buaya Ciamis dan Cirebon pindah ke Taman Safari Bogor