Pemkot Palembang gencarkan tanam cabai tekan inflasi

id Cabai ,Inflasi ,Ratu Dewa ,Pemkot Palembang ,Camat ,Lurah

Pemkot Palembang gencarkan tanam cabai tekan inflasi

Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa (ANTARA/ Diskominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan, Ratu Dewa meminta para camat hingga lurah menggencarkan penanaman cabai untuk menekan inflasi akibat tingginya harga cabai yang mencapai Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram di daerah itu.

Ratu Dewa di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa diperlukan kerja sama untuk menekan inflasi di Kota Palembang.

Ia menambahkan bahwa para camat dan lurah harus mampu mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabai.

Meski harga cabai menunjukkan penurunan harga dari Rp100 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram, namun masih perlu ditekan hingga mampu dijangkau daya beli warga.

“Sebenarnya gerakan memanfaatkan lahan untuk ditanami cabai sudah digalakkan di setiap OPD. Saya berharap dengan kegiatan ini harga cabai bisa dikendalikan dengan tanam cabai di pekarangan rumah warga,” katanya.

Sebelumnya terkait dengan keadaan pangan di Kota Palembang, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan bahwa pemerintah menjamin ketersediaan serta kebutuhan pangan aman menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami meminta warga Palembang tidak  berbelanja berlebihan," kata Dewa.

Ia menambahkan bahwa untuk memastikan ketersediaan pangan pemkot telah berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Perdagangan Kota Palembang.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tidak berbelanja berlebihan karena stok pangan sudah diantisipasi selama beberapa bulan ke depan.