Dokter sebut kaki rata pada anak adalah hal yang normal

id kaki rata,flat feet,ortopedi,berita palembang, berita sumsel

Dokter sebut kaki rata pada anak adalah hal yang normal

Ilustrasi telapak kaki (ANTARA/Pexels/cottonbro studio)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Muhammad Deryl Ivansyah, SpOT(K) mengatakan kaki ceper atau flat feet yang ada pada anak adalah kondisi yang normal karena telapak kaki anak masih memiliki lemak yang menumpuk.

“Itu sebenarnya kondisi normal bahkan 90 hampir 100 persen anak-anak kakinya memang ceper kebanyakan karena telapaknya memiliki lemak yang menumpuk maka itu terlihatnya ceper,” kata Deryl dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Deryl menjelaskan kaki ceper atau flat foot adalah kondisi telapak kaki menapak rata ke permukaan lantai atau tidak ada lengkungan di telapak kaki. 80 persen anak maupun dewasa memiliki telapak kaki yang rata dan tetap di sebut normal.

Ia mengatakan kondisi kaki ceper pada anak kebanyakan adalah jenis fleksibel, di mana kondisi tersebut tidak mengganggu aktivitas anak sama sekali. Deryl juga meluruskan, orang tua tidak perlu khawatir jika mendapati telapak kaki anak terlihat rata karena biasanya pada usia 6 tahun ke atas, lengkungan pada telapak kaki akan terlihat.