DKP OKU uji sampel sayur dan buah pastikan aman dari pestisida

id Uji sampel, pangan segar, sayur dan buah, Pasar Baru Baturaja, Dinas Ketahanan Pangan

DKP OKU uji sampel sayur dan buah  pastikan aman dari pestisida

Pengambilan sampel pangan segar asal tumbuhan untuk diuji laboratorium. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan melakukan uji sampel terhadap Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) seperti sayur dan buah untuk memastikan aman dari zat berbahaya seperti pestisida.

Kepala DKP OKU Slamet Riyadi di Baturaja, Senin, mengatakan sampel pangan segar asal tumbuhan yang diambil dari pedagang buah-buahan dan sayur mayur di Pasar Baru, Kecamatan Baturaja Timur tersebut untuk diuji di laboratorium guna memastikan sudah sesuai dengan standar konsumsi.

"Ada sebanyak 18 sampel terdiri atas 10 sampel sayuran dan delapan sampel buah segar yang diambil dari lokasi tersebut," katanya.

Adapun PSAT yang akan diuji di laboratorium antara lain alpukat, anggur, buah naga, jeruk medan, pear, sayur kubis, buncis, labu siam, pare, kacang panjang, dan kentang yang berisiko tinggi mengandung residu pestisida, mikotoksin dan logam berat.

Sampel yang diambil dari pedagang ini selanjutnya akan dilakukan uji di Laboratorium Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian di Cibubur, Jakarta.