Mantan Menkeu ingatkan perlambatan ekonomi China bisa berdampak ke RI

id Chotib Basri,perlambatan ekonomi,ekonomi china,mantan menkeu,berita sumsel, berita palembang

Mantan Menkeu ingatkan perlambatan ekonomi China bisa berdampak ke RI

Ekonom senior Chotib Basri menjadi pembicara dalam kegiatan BTPN Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (22/11/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Periode 2013-2014 sekaligus ekonom senior Chatib Basri mengingatkan bahwa perlambatan ekonomi di negara China bisa berdampak ke perekonomian Indonesia.

Menurut Chatib, sebanyak satu persen perlambatan ekonomi di China bisa membuat perlambatan ekonomi Indonesia sebesar 0,3 persen. Pasalnya, dia menilai Indonesia saat ini merupakan salah satu negara emerging market atau negara berkembang yang mulai terlibat dengan perdagangan global.

"Maka mau tidak mau kalau pertumbuhannya (China) melambat, permintaan impor di China melambat, artinya ekspor Indonesia ke China juga akan mengalami perlambatan," kata Chatib dalam kegiatan BTPN Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu.

Dia mencontohkan, apabila ekonomi China melambat sebesar 0,7 persen dari pertumbuhan sebesar 5,2 persen menjadi 4,5 persen, tetap bisa membuat ekonomi di Indonesia melambat walau di bawah 0,3 persen.