Xi Jinping sebut sanksi ekonomi sepihak sangat rugikan China

id presiden xi jinping,presiden joe biden,china,amerika serikat,ekspor,san fransisco,berita sumsel, berita palembang

Xi Jinping sebut sanksi ekonomi sepihak sangat rugikan China

Foto udara yang diabadikan pada 7 September 2023 ini memperlihatkan pemandangan Pelabuhan Internasional Xi'an di Xi'an, Provinsi Shaanxi, China. (ANTARA/Xinhua/Shao Rui)

Beijing (ANTARA) - Presiden Xi Jinping mengungkapkan tindakan Amerika Serikat di bidang perdagangan seperti kontrol ekspor dan sanksi sepihak sangat merugikan China.

"Presiden Xi Jinping menekankan bahwa tindakan AS terhadap China terkait kontrol ekspor, penyaringan investasi dan sanksi sepihak sangat merugikan kepentingan China," kata Presiden Xi Jinping dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri China yang diterima di Beijing, Kamis.

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (15/11) waktu setempat di San Francisco, AS pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC).

"Menahan kemajuan teknologi China tidak lain hanyalah langkah untuk membendung pembangunan berkualitas tinggi China dan merampas hak rakyat China atas pembangunan. Perkembangan dan pertumbuhan China, yang didorong dari kemajuan di dalam China, tidak akan terhenti oleh kekuatan eksternal," tambah Presiden Xi.

Menurut Presiden Xi, penting bagi AS untuk menanggapi kekhawatiran China dengan serius dan mengambil langkah nyata untuk mencabut sanksi sepihak agar memberikan lingkungan yang setara, adil dan tidak diskriminatif bagi dunia usaha China.