Imigrasi Palembang maksimalkan layanan paspor keliling

id Imigrasi Palembang, maksimalkan, unit layanan paspor, paspor keliling, pelayanan paspor, jemput bola

Imigrasi Palembang maksimalkan  layanan paspor keliling

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan maksimalkan unit pelayanan keliling 'Mobil Lakso' yakni mobil 'Pelayanan Keimigrasian On The Spot (Lakso)' untuk melakukan pelayanan pembuatan paspor hingga daerah pelosok.

"Operasional Mobil Lakso yang diluncurkan pada Hari Bhakti Keimigrasian 26 Januari 2023 terus dimaksimalkan melakukan pelayanan pembuatan paspor di tempat pemohon atau secara jemput bola," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan di Palembang, Kamis.

Kegiatan pelayanan tersebut kembali dijadwalkan untuk menyemarakkan Pasar Muslim Festival (PamFest 2023) di Gedung Wanita Sriwijaya, Palembang, Jumat (6/10).

Pelayanan keliling pembuatan paspor tersebut siap dilakukan di enam kabupaten dan kota yang masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang.

"Tim kami siap melakukan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di enam kabupaten/kota meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya.

Dia menjelaskan, Mobil Lakso disiapkan untuk pelayanan keimigrasian keliling mendatangi tempat yang telah ditentukan bersama kelompok masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor imigrasi karena alasan tertentu.

Untuk memanfaatkan layanan paspor keliling itu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah dan swasta silakan mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Palembang dan pemohon menyiapkan dokumen persyaratan seperti KTP, KK, akta kelahiran, ijazah atau surat nikah (pilih salah satu) salinan beserta dokumen aslinya.

Pengembangan layanan pembuatan dokumen keimigrasian tersebut, sesuai dengan slogan 'Kamu di Rumah Aja Petugas Imigrasi Datangi Kamu', kata Kepala Imigrasi Palembang.

Sementara Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Adeb Yoenoes menambahkan, pelayanan paspor keliling tersebut terbuka untuk masyarakat umum, instansi pemerintah dan swasta.

Mobil Lakso sebagai unit baru dalam pelayanan pembuatan paspor keliling itu mulai banyak dimanfaatkan masyarakat.

Untuk lebih memasyarakatkan layanan jemput bola itu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada berbagai pihak dan lapisan masyarakat di enam kabupaten/kota yang berada dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang, ujar Adeb.