Normalisasi Sungai Tenggaro Muba Sumsel permudah aktivitas nelayan

id normalisasi sungai, muba sulsel, infrastruktur pembangunan, permunah nelayan

Normalisasi Sungai Tenggaro Muba Sumsel permudah aktivitas nelayan

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud meninjau lokasi normalisasi Sungai Tenggaro di Desa Tenggaro Kecamatai Keluang Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel. (ANTARA/HO.Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Program normalisasi Sungai Tenggaro Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera selatan membantu dan memudahkan aktivitas nelayan setempat dalam mencari ikan.

"Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp70 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kaluang, termasuk salah satunya normalisasi Sungai Tenggaro ini. Banyak manfaat dari normalisasi sungai ini," kata Penjabat Bupati Muba H Apriyadi Mahmud di Sekayu, Musi Banyuasin, Minggu.

Selain normalisasi Sungai Tenggaro sepanjang 1,6 kilometer , bantuan bagi masyarakat pedesaan di Keluanng,  khususnya di Desa Tenggaro itu juga perbaikan jalan dusun sepanjang 1,3 kilometer melalui Dana Desa serta bedah rumah penduduk yang tidak layak huni.

Penjabat Bupati Muba itu secara khusus melakukan peninjauan lapanga ke Desa Tenggaro mengecek langsung sejumlah perbaikan infrastruktur yang telah dianggarkan di Tahun Anggaran 2023.

"Bantuan itu  percepatan pembangunan di Keluang khususnya di Desa Tenggaro, semoga bermanfaat untuk kebutuhan masyarakat," kata  Apriyadi .

Dengan adanya pembangunan normalisasi Sungai Tenggaro ini aktifitas nelayan bisa lebih mudah dan biota sungai dapat terjaga lebih baik lagi.

Sementara jalan yang sudah dibangun itu akan ditingkatkan lagi menggunakan APBD Muba. Pasalnya jalan tersebut cukup vital karena bisa memangkas waktu perjalanan bagi warga di desa di kawasan itu.

"Akan kita cor beton agar lebih memudahkan warga beraktifitas," katanya

Sementara itu Camat Keluang, Yugo Falentino mengungkapkan sejak satu tahun ini percepatan pembangunan infrastruktur di Keluang khususnya di Tenggaro cukup masif. Warga Desa Tenggaro juga mendapatkan bantuan bedah rumah gratis oleh Dinas Sosial dan pembangunan WC Umum sebanyak 5 unit.

Ke depah, pihaknya berharap ada perbaikan bangunan sekolah dasar di desa itu karena sudah cukup lama tidak tersentuh perbaikan. PJ Bubati Muba langsung merespon dengan menganggarkan pembangunan dan rehab SD di sana.