Kawasan Ijen resmi dikukuhkan sebagai Unesco Global Geopark

id kawasan ijen,Unesco Global Geopark,gubernur jatim,berita sumsel, berita palembang

Kawasan Ijen resmi dikukuhkan sebagai Unesco Global Geopark

Kawah Ijen di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Surabaya (ANTARA) - Kawasan Ijen di Jawa Timur (Jatim) resmi dikukuhkan sebagai Unesco Global Geopark melalui konferensi internasional di Marrakech, Maroko, pada 9 September 2023.

Pengukuhan dilakukan dengan penyerahan sertifikat Geopark Ijen sebagai "Global Geopark Network Institutional Member" periode 2023-2026 kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiono, beserta sejumlah pejabat lainnya.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan menjaga kelestarian alam di Ijen. Capaian ini buah kerja keras mereka semua," kata Gubernur Khofifah melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Senin.

Menurutnya, dengan dikukuhkan kawasan Ijen sebagai Unesco Global Geopark akan semakin membawa kekayaan alam Jatim mendunia.

"Kami optimistis dengan pengukuhan ini wisatawan dari berbagai penjuru dunia akan berbondong-bondong datang ke Ijen," ujar Khofifah.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, bagi Jatim, Ijen unesco Global Geopark tidak hanya sekadar tempat wisata, melainkan sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.