Dokter internis ingatkan vaksinasi HPV penting pria dan wanita

id Vaksinasi HPV,vaksin hpv,kanker serviks,berita sumsel, berita palembang

Dokter internis ingatkan vaksinasi HPV penting pria dan wanita

Ilustrasi pentingnya vaksinasi HPV pada perempuan dan laki-laki. (ANTARA/HO/MSD)

Jakarta (ANTARA) - Dokter internis dan vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, M.SC, Sp.PD, mengingatkan vaksinasi HPV bagi pria dan wanita adalah penting karena infeksi HPV penyebab penyakit serius tidak hanya dapat dialami oleh wanita, tetapi, juga oleh pria.

“Berbagai penyakit yang berhubungan dengan virus HPV tidak hanya menyerang perempuan (tetapi juga laki-laki),” kata Dirga, yang menyelesaikan program spesialis di Universitas Indonesia, melalui siaran pers di Jakarta, Selasa.

Virus HPV merupakan virus penyebab infeksi HPV yang berdampak pada beragam gangguan kesehatan, seperti kanker serviks, kanker vagina, hingga kanker vulva pada perempuan. Tidak hanya itu, virus HPV juga dapat menyebabkan kanker anal dan kanker kulit kelamin pada laki-laki.

Sebesar 40 persen pasien berusia 15 – 59 tahun pernah mengalami infeksi HPV dan sekitar 8 dari 10 pria serta wanita diperkirakan akan terinfeksi virus HPV semasa hidupnya. Virus tersebut dapat menyerang siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki.

Virus HPV merupakan salah satu virus umum yang dapat menyebabkan infeksi menular seksual karena transmisi virus HPV umumnya terjadi melalui hubungan seksual atau sentuhan kulit ke kulit yang erat.

WHO memperkirakan sekitar 99 persen kasus kanker serviks di Indonesia berhubungan dengan infeksi HPV pada alat kelamin. Bahkan, penyakit kanker serviks menempati urutan kedua dengan jumlah 36.633 kasus atau 9,2 persen dari total kasus kanker.