Sawah di Bandung Barat kekeringan

id Kekeringan,Lahan Persawahan Bandung Barat,Kekeringan Bandung Barat,El Nino,DKPP Bandung Barat

Sawah di Bandung Barat kekeringan

Warga melintas di lahan sawah yang kering di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/10). Menurut Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat sejak April- Oktober 2018 ini jumlah lahan sawah di Jabar yang terdampak kekeringan mencapai 25.862 hektare, dari jumlah tersebut sebanyak 4.000 hektare rusak ringan, 3.254 rusak berat dan 6.449 hektare mengalami puso. ANTARA JABAR/Yulius Satria Wijaya/agr/18.

Bandung (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mencatat bahwa lahan persawahan di 13 desa  mengalami kekeringan imbas dari kemarau panjang akibat fenomena El Nino.

Kepala DKPP Kabupaten Bandung Barat Lukmanul Hakim di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jumat, mengatakan bahwa kekeringan lahan persawahan di 13 desa tersebut, ada di empat kecamatan yakni Cililin, Sindangkerta, Cihampelas, dan Batujajar, dengan total lahan persawahan yang mengalami kekeringan sejauh ini ada 178 hektare.

Dari sisi sebaran, lahan persawahan di Batujajar tercatat sebagai kecamatan mengalami kekeringan terluas dengan luas 113 hektare, disusul Cililin seluas 33 hektare, Sindangkerta seluas 22 hektare, dan Cihampelas seluas 13 hektare.

"Jumlah ini mungkin bisa terus bertambah karena BMKG memprediksi fenomena EL Nino  akan berlangsung sampai akhir tahun," kata Lukmanul Hakim.

Dengan kejadian kekeringan ini, produksi padi dipastikan mengalami penurunan, termasuk di Kecamatan Batujajar yang dikenal memiliki lahan pertanian padi produktif yang cukup luas.
Bahkan Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, menjadi desa yang mengalami kekeringan persawahan paling luas bukan saja satu kecamatan, tapi juga satu kabupaten, dengan luas kekeringan persawahan mencapai 40 hektare.