Keluarga di OKU Timur dilatih tanggap tangguh bencana

id Keluarga tangguh bencana, program KATANA, bencana alam, BPBD OKU Timur

Keluarga di OKU Timur dilatih  tanggap tangguh bencana

Kepala BNPB Letjend Doni Monardo saat meluncurkan program Katana di Pantai Pasie Jantang Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/12/2019). ((ANTARA/Khalis))

Martapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menggelar pelatihan keluarga tanggap tangguh bencana  guna menekan risiko korban bencana alam di daerah itu.

Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah di Martapura, Jumat mengatakan, pelatihan yang melibatkan seluruh camat dan kepala desa ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan kapasitas dan ketangguhan keluarga dalam penanggulangan bencana alam di wilayah itu.

Terlebih lagi, Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu daerah di Sumsel yang dipetakan rawan terjadi bencana alam mulai dari banjir, puting beliung, longsor hingga kebakaran hutan dan lahan sehingga harus ada upaya untuk mengurangi risiko korban jiwa.

Dalam upaya penanggulangan bencana, keluarga adalah organisasi terkecil yang diharapkan dapat menjadi benteng terhadap dampak bencana yang muncul, maupun pencegahan terhadap bencana yang belum terjadi.

"Oleh sebab itu, perlu dibentuk keluarga yang tanggap, tangguh bahkan tangkas dalam menghadapi terjadinya bencana alam," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelatihan keluarga tanggap tangguh bencana menyasar langsung pada keluarga agar berpengetahuan tentang ancaman, resiko, serta cara menghindari dan mencegah bencana alam.

Misalnya, kata dia, membangun rumah tahan gempa dan berperilaku selaras dengan prinsip pengurangan resiko bencana seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam dan merawat pohon guna mengantisipasi banjir serta tanah longsor.

Dengan begitu keluarga tangguh bencana selalu siap siaga menghadapi bencana, mampu menghindar dan cepat pulih dari dampak bencana alam.

Ia berharap agar pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas keluarga terkait penanggulangan bencana di Kabupaten OKI Timur dan memberi pengetahuan praktis tentang penanggulangan bencana di lingkungan keluarga.

"Dengan kapasitas keluarga yang tinggi maka semakin baik pula kemampuan Kabupaten OKU Timur dalam penanggulangan bencana baik pada tahap pra bencana yang berupa pencegahan dan kesiapsiagaan, tahap tanggap darurat maupun tahap pasca bencana," ujarnya.